Pages

Subscribe:

Rabu, 28 September 2011

TUGAS PKN KELAS X


            Berikut ini adalah sebuah materi yang saya buat dengan susah payah, tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia maupun di Dunia. Saya menulis tugas ini agar kita bisa mengintrospeksi diri kita agar kita tidak berbuat sewenang-wenang terhadap sesame manusia karena dilarang oleh Allah swt. Berikut ini adalah materi yang akan kita lihat berikut ini:
KASUS PELANGGARAN HAM DI INDONESIA MAUPUN DI DUNIA
1)   Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
       Beberapa kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia, yaitu:
a)    Kasus Timor-Timur, pasca jejak pendapat tahun 1999. Kasus ini termasuk pelanggaran HAM, karena terjadi pembunuhan massal, penganiayaan dan penyiksaan, penghilangan paksa, dan pembumihangusan.
b)    Kasus penembakan 4 mahasiswa Tri Sakti pada tanggal 12 Mei 1998, Kasus Semanggi I dan II
c)     Kasus Marsinah ( Buruh karyawati PT.CPS ), yang tewas dibunuh karena keterlibatannya dalam demonstrasi buruh di PT. CPS pada tanggal 4 Mei 1993.
d)    Kasus Tanjung Priok ( 12 September 1984 ), yang menewaskan 24 orang dan 54 orang luka-luka. Terjadi pelanggaran HAM karena terjadi pembunuhan secara kilat, penahanan sewenang-wenang, penyiksaan, dan penahanan paksa.
e)    Kasus Munir ( Pejuang HAM ), yang tewas dibunuh oleh Co-pilot pesawat dengan cara meracuninya saat penerbangan menuju Belanda, karena Munir diancam oleh aparat keamanan ketika ia dapat membongkar kasus terbunuhnya Marsinah.
2)   Kasus Pelanggaran HAM di Dunia
        Beberapa kasus pelanggaran HAM di Dunia, antara lain:
a)    Kasus Perang Dunia I dan II, yang menyebabkan dunia menjadi hancur dan menewaskan jutaan penduduk
b)    Kasus Perang Teluk III pada tahun 2001, yang terjadi antara Irak dan Amerika Serikat.
c)     Kasus Pembantaian di Taba ( Rwanda ), sejak tahun 1994-2000. Pada peristiwa itu, warga suku Tutsi dibantai secara terbuka dan meluas.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar